Tugas Kelompok 4




  1. Analisa 3 contoh benda di sekitar kita yang:
  1. Didesain sesuai aturan
  2. Didesain kurang sesuai aturan
Dengan prinsip prinsip IMK dan Ergonomics (Khususnya yang di dasarkan pada human capabilities interface/HCI dan computer architecture & interaksinya.
Jawab
  1. Didesain sesuai aturan
  • Mouse
Dari Segi Ergonomi dimana mouse didesain sesuai dengan kenyamanan ,sehingga nyaman digenggam oleh tangan manusia. Dimana posisi pada mouse memanfaatkan jari pada tangan manusia dengan sangat baik.
Prinsip IMK pada Mouse berguna untuk Interface,sebagai menghubungkan pengguna (User) pada komputer dimana mouse berfungsi untuk menggerakkan perintah dalam bentuk cursor yang bertujuan untuk menjalankan beberapa pekerjaan yang di inginkan oleh User.
  • Keyboard
Dari Segi Ergonomi dimana keyboard didesain sesuai dengan kenyamanan kerja di tangan manusia. Dimana susunan huruf dan angka pada keyboard didesain dengan sangat baik, hal itu memudahkan user dalam mengingat posisi masing-masing tombol pada keyboard dan memudahkan untuk melakukan pekerjaan yang dinginkan oleh user.
Prinsip IMK pada keyboard berguna untuk interface,sebagai menghubungkan pengguna (User) pada komputer dimana keyboard berfungsi memberikan perintah langsung ke komputer dalam bentuk Huruf,Angka Atau perintah yang kita input dari keyboard dengan keinginan user itu sendiri.
  • Printer
Dari segi Ergonomi dimana printer didesain dengan tujuan membantu dalam melakukan pekerjaan Manusia(user). Sehingga Manusia(user) dapat melakukan pekerjaannya dengan baik,printer berfungsi sebagai mencetak, menginport gambar maupun lainnya.
Prinsip IMK pada printer berguna untuk interface,sebagai menghubungkan Manusia(User) dengan Komputer dimana setiap perintah yang di masukkan user ke komputer dapat di output oleh komputer dengan bantuan printer. Sehingga pekerjaan user jadi lebih efisien dan baik.

  1. Didesain kurang sesuai aturan
  • Kabel UTP
Dasi segi Ergonomi dimana kabel utp didesain untuk membangun jaringan yang dapat dihubungkan oleh Komputer 1 ke Komputer yang lainnya. Akan tetapi,kelemahan dari kabel utp yaitu dari segi pelindung pada kabel yang sangat rentan terputus atau tersobek. Hal itu mengakibatkan dapat merusak pada susunan tata letak kabel yang susah diterapkan.
Prinsip IMK pada kabel utp menghubungkan komputer 1 ke Komputer 2 ataupun antar banyak komputer. Penyusunan pada kabel harus benar sesuai dengan yang sudah diterapkan oleh pembuat. Kelemahan pada kabel utp bila susunan salah maupun kabel didalam ada yang terputus maka jaringan antar komputer akan terhenti.
  • Cooler Pad
Dari segi Ergonomi dimana cooler pad didesain untuk membantu menstabilkan suhu pada komponen dalam laptop. Tetapi pada cooler pad keadaannya fisiknya sangat rentan pecah maupun rusak. Karena komponen pada cooler pad terbuat hanya dari plastik kaca. Dan bagian kipas terhubung pada 1 kabel inti. Maka cooler pad rentan akan rusak.
Prinsip IMK pada cooler pad adanya interaksi antar 2 komponen yang saling berhubungan dan saling melengkapi. Dimana cooler pad bekerja sangat baik, dimana daya yang di perlukan cooler pad didapat dari laptop sedangkan laptop memerlukan cooler pad untuk menstabilkan komponennya.
  • Flashdisk
dari segi Ergonomi dimana flashdisk didesain untuk membantu pekerjaan user dalam menyimpan file maupun data yang penting. Akan tetapi jika user tidak mengikuti standard penggunaan yang baik. Maka flashdisk juga akan rentan rusak, dan pada flashdisk, keadaan fisik flashdisk hampir kebanyakkan bahannya terbuat dari plastik. Hal tersebut memungkin flashdisk rentan akan pecah.
Prinsip IMK pada flashdisk adanya hubungan antara user dengan perangkat komputer.dimana flashdisk sangat dibutuhkan oleh user dalam melakukan pekerjaannya baik dalam menyimpan data,gambar,music dan lainnya sesuai dengan keinginan user itu sendiri

  1. Cari dan Sebutkan 3 contoh teknologi masa depan IMK dan jelaskan teknologi tersebut?
Jawab:
  1. Main game dengan control gerakan mata
Dengan teknologi eye-tracking main game dengan kontrol gerakan mata sudah bisa dilakukan sekarang. Tobii , perusahaan yang mengembangkan teknologi ini telah meyatakan bahwa teknologi ini lebih responsive dan bisa di gunakan banyak perangkat seperti laptop , handphone dan perangkat game.
Tobii memanfaatkan dua proyektor infrared untuk menerangi pupil mata user serta dua kamera kecil untuk merekam gerakan mata. Data ini selanjutnya diteruskan ke prosesor komputer, mengeluarkan data berupa posisi mata, ukuran pupil dan tatapan si pengguna yang kemudian diterjemahkan sebagai kontrol gerakan.
Dengan interaksi manusia dan computer dengan cara ini mungkin lebih memberikan sebuah pengalaman baru bagi user dan sebuah tantangan sendiri dalam mengontrol mata untuk memainkan sebuah game.
b. Rolltop (rollen laptop / laptop gulung)
Ini adalah sebuah konsep laptop portable yang di impikan oleh semua manusia. Dengan bentuk yang elegan dan fungsi yang tidak kalah dengan laptop konvensional secara umumnya. Ini merupakan salah satu bentuk kreativitas dalam interaksi manusia dan computer yang diinginkan di masa depan.
Dengan teknologi yang canggih roll top ini mengunakan layar yang bisa di gulung layaknya sebuah kertas. Seperti laptop umumnya , rolltop juga dilengkapi dengan loudspeaker,webcam,USB port dan lain lain.
c. Layar sentuh (glass touchscreen interfaces)
Di zaman sekarang layar sentuh sudah biasa di gunakan di smartphone, tablet pc dan lain lain. Tetapi masa depan layar sentuh akan menjadi luas lagi seperti konsep dari corning (perusahaan layar sentuh) yang akan menggunakan aktivitas sehari-hari menggunakan layar sentuh ini . seperti di sekolah, dirumah, rumah sakit dll.
Layar sentuh masa depan ini di gunakan dalam aktivitas seperti menelepon dari ponsel tipis kaca, mengatur suhu mobil menggunakan komputer yang berlayar datar super tipis dari kaca, atau membaca majalah digital melalui tablet kaca.

  1. Coba anda analisa satu alamat website yang menurut anda masih banyak memiliki “Gulf” kemudian anda jelaskan “Gulf” dan bagaimana solusi yang baik menurut anda agar proses interaksi antara sistem dengan user dapat berjalan baik.

Jawab:

Menurut pendapat Kami. Sebuah website yang baik adalah website yang tidak terlalu menghalangi pandangan user ke tampilan dengan adanya terlalu banyak iklan,banner,suara audio seperti music dan lain lain. Karena user membutuhkan sesuatu yang di cari dan kecepatan akses kedalam sebuah website. Adapun solusi yang lain misal menu bar pada website seharusnya full down, menu full down sudah menjadi aturan standard pada pembuatan website maupun aplikasi. Kemudian pewarnaan pada tampilan tulisan dan background dari sebuah website sebisa mungkin jangan sampai menggunakan warna mati seperti contoh teks coklat dan background hitam. Hal itu menyebabkan user kesulitan membaca apa yang tertera pada website tersebut.


unduh dokumen disini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar