- Analisa 3 contoh benda di sekitar kita yang:
- Didesain sesuai aturan
- Didesain kurang sesuai aturan
Dengan
prinsip prinsip IMK dan Ergonomics (Khususnya yang di dasarkan pada
human capabilities interface/HCI dan computer architecture &
interaksinya.
Jawab
- Didesain sesuai aturan
- Mouse
Dari
Segi Ergonomi dimana mouse didesain sesuai dengan kenyamanan
,sehingga nyaman digenggam oleh tangan manusia. Dimana posisi pada
mouse memanfaatkan jari pada tangan manusia dengan sangat baik.
Prinsip
IMK pada Mouse berguna untuk Interface,sebagai menghubungkan pengguna
(User) pada komputer dimana mouse berfungsi untuk menggerakkan
perintah dalam bentuk cursor yang bertujuan untuk menjalankan
beberapa pekerjaan yang di inginkan oleh User.
- Keyboard
Dari
Segi Ergonomi dimana keyboard didesain sesuai dengan kenyamanan kerja
di tangan manusia. Dimana susunan huruf dan angka pada keyboard
didesain dengan sangat baik, hal itu memudahkan user dalam mengingat
posisi masing-masing tombol pada keyboard dan memudahkan untuk
melakukan pekerjaan yang dinginkan oleh user.
Prinsip
IMK pada keyboard berguna untuk interface,sebagai menghubungkan
pengguna (User) pada komputer dimana keyboard berfungsi memberikan
perintah langsung ke komputer dalam bentuk Huruf,Angka Atau perintah
yang kita input dari keyboard dengan keinginan user itu sendiri.
- Printer
Dari
segi Ergonomi dimana printer didesain dengan tujuan membantu dalam
melakukan pekerjaan Manusia(user). Sehingga Manusia(user) dapat
melakukan pekerjaannya dengan baik,printer berfungsi sebagai
mencetak, menginport gambar maupun lainnya.
Prinsip
IMK pada printer berguna untuk interface,sebagai menghubungkan
Manusia(User) dengan Komputer dimana setiap perintah yang di masukkan
user ke komputer dapat di output oleh komputer dengan bantuan
printer. Sehingga pekerjaan user jadi lebih efisien dan baik.
- Didesain kurang sesuai aturan
- Kabel UTP
Dasi
segi Ergonomi dimana kabel utp didesain untuk membangun jaringan yang
dapat dihubungkan oleh Komputer 1 ke Komputer yang lainnya. Akan
tetapi,kelemahan dari kabel utp yaitu dari segi pelindung pada kabel
yang sangat rentan terputus atau tersobek. Hal itu mengakibatkan
dapat merusak pada susunan tata letak kabel yang susah diterapkan.
Prinsip
IMK pada kabel utp menghubungkan komputer 1 ke Komputer 2 ataupun
antar banyak komputer. Penyusunan pada kabel harus benar sesuai
dengan yang sudah diterapkan oleh pembuat. Kelemahan pada kabel utp
bila susunan salah maupun kabel didalam ada yang terputus maka
jaringan antar komputer akan terhenti.
- Cooler Pad
Dari
segi Ergonomi dimana cooler pad didesain untuk membantu menstabilkan
suhu pada komponen dalam laptop. Tetapi pada cooler pad keadaannya
fisiknya sangat rentan pecah maupun rusak. Karena komponen pada
cooler pad terbuat hanya dari plastik kaca. Dan bagian kipas
terhubung pada 1 kabel inti. Maka cooler pad rentan akan rusak.
Prinsip
IMK pada cooler pad adanya interaksi antar 2 komponen yang saling
berhubungan dan saling melengkapi. Dimana cooler pad bekerja sangat
baik, dimana daya yang di perlukan cooler pad didapat dari laptop
sedangkan laptop memerlukan cooler pad untuk menstabilkan
komponennya.
- Flashdisk
dari
segi Ergonomi dimana flashdisk didesain untuk membantu pekerjaan user
dalam menyimpan file maupun data yang penting. Akan tetapi jika user
tidak mengikuti standard penggunaan yang baik. Maka flashdisk juga
akan rentan rusak, dan pada flashdisk, keadaan fisik flashdisk hampir
kebanyakkan bahannya terbuat dari plastik. Hal tersebut memungkin
flashdisk rentan akan pecah.
Prinsip
IMK pada flashdisk adanya hubungan antara user dengan perangkat
komputer.dimana flashdisk sangat dibutuhkan oleh user dalam melakukan
pekerjaannya baik dalam menyimpan data,gambar,music dan lainnya
sesuai dengan keinginan user itu sendiri
- Cari dan Sebutkan 3 contoh teknologi masa depan IMK dan jelaskan teknologi tersebut?
Jawab:
- Main game dengan control gerakan mata
Dengan
teknologi eye-tracking main game dengan kontrol gerakan mata sudah
bisa dilakukan sekarang. Tobii , perusahaan yang mengembangkan
teknologi ini telah meyatakan bahwa teknologi ini lebih responsive
dan bisa di gunakan banyak perangkat seperti laptop , handphone dan
perangkat game.
Tobii
memanfaatkan dua proyektor infrared untuk menerangi pupil mata user
serta dua kamera kecil untuk merekam gerakan mata. Data ini
selanjutnya diteruskan ke prosesor komputer, mengeluarkan data berupa
posisi mata, ukuran pupil dan tatapan si pengguna yang kemudian
diterjemahkan sebagai kontrol gerakan.
Dengan
interaksi manusia dan computer dengan cara ini mungkin lebih
memberikan sebuah pengalaman baru bagi user dan sebuah tantangan
sendiri dalam mengontrol mata untuk memainkan sebuah game.
b.
Rolltop (rollen laptop / laptop gulung)
Ini
adalah sebuah konsep laptop portable yang di impikan oleh semua
manusia. Dengan bentuk yang elegan dan fungsi yang tidak kalah dengan
laptop konvensional secara umumnya. Ini merupakan salah satu bentuk
kreativitas dalam interaksi manusia dan computer yang diinginkan di
masa depan.
Dengan
teknologi yang canggih roll top ini mengunakan layar yang bisa di
gulung layaknya sebuah kertas. Seperti laptop umumnya , rolltop juga
dilengkapi dengan loudspeaker,webcam,USB port dan lain lain.
c.
Layar sentuh (glass touchscreen interfaces)
Di
zaman sekarang layar sentuh sudah biasa di gunakan di smartphone,
tablet pc dan lain lain. Tetapi masa depan layar sentuh akan menjadi
luas lagi seperti konsep dari corning (perusahaan layar sentuh) yang
akan menggunakan aktivitas sehari-hari menggunakan layar sentuh ini .
seperti di sekolah, dirumah, rumah sakit dll.
Layar
sentuh masa depan ini di gunakan dalam aktivitas seperti menelepon
dari ponsel tipis kaca, mengatur suhu mobil menggunakan komputer yang
berlayar datar super tipis dari kaca, atau membaca majalah digital
melalui tablet kaca.
- Coba anda analisa satu alamat website yang menurut anda masih banyak memiliki “Gulf” kemudian anda jelaskan “Gulf” dan bagaimana solusi yang baik menurut anda agar proses interaksi antara sistem dengan user dapat berjalan baik.
Jawab:
Menurut
pendapat Kami. Sebuah website yang baik adalah website yang tidak
terlalu menghalangi pandangan user ke tampilan dengan adanya terlalu
banyak iklan,banner,suara audio seperti music dan lain lain. Karena
user membutuhkan sesuatu yang di cari dan kecepatan akses kedalam
sebuah website. Adapun solusi yang lain misal menu bar pada website
seharusnya full down, menu full down sudah menjadi aturan standard
pada pembuatan website maupun aplikasi. Kemudian pewarnaan pada
tampilan tulisan dan background dari sebuah website sebisa mungkin
jangan sampai menggunakan warna mati seperti contoh teks coklat dan
background hitam. Hal itu menyebabkan user kesulitan membaca apa yang
tertera pada website tersebut.
unduh dokumen disini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar